You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
pkl monas
.
photo doc - Beritajakarta.id

UP Monas Akan Terapkan E-Ticket

Upaya menertibkan pengunjung dan pedagang kaki lima (PKL) di kawasan Monumen Nasional (Monas) terus dilakukan Unit Pengelola (UP) Kawasan Monas. Rencananya, UP Kawasan Monas akan menerapkan tiket elektronik atau e-ticket untuk setiap transaksi di kawasan Monas.  

Tujuannya agar Monas lebih gampang dipantau, nanti dari pintu masuk sudah bayar menggunakan e-ticket

Kepala UP Kawasan Monas, Rini Hariani, mengatakan, pihaknya merencanakan memberlakukan pembayaran tiket dari masuk pintu kawasan Monas. Tidak seperti selama ini, pengunjung hanya ditarik restribusi saat akan menaiki Tugu Monas.

Kegiatan di Monas Akan Dibatasi

"Tujuannya agar Monas lebih gampang dipantau. Nanti dari pintu masuk sudah bayar menggunakan e-ticket. Jadi kita bisa tahu berapa yang masuk dan berapa yang keluar," ujarnya, Jumat (7/11).

Menurut Rini, cara tersebut lebih efektif untuk mencegah PKL masuk. Di setiap pintu nantinya akan ditempatkan mesin pembaca kartu yang memotong saldo kartu setiap kali akan masuk ke kawasan monas. Nantinya, kartu tersebut akan terbagi dua antara kartu berlangganan dan juga kartu sekali pakai.

"Masalah di Monas juga seperti toilet akan dibuat di depan pintu masuk, agar pengunjung tidak harus membeli ke PKL akan juga disediakan mesin minuman, rencananya semua pembayaran pakai kartu jadi tak ada transaksi uang cash," jelasnya.

Penerapannya, lanjut Rini, akan dimulai pada 2016 mendatang. Saat ini pihaknya masih terus melakukan kajian. Jika berhasil diterapkan, 4 pintu Monas yang ada akan ditambah dua pintu lagi yakni persis di kawasan Irti Monas dan di depan Museum Gajah.

"Mungkin nanti kita akan melibatkan Bank DKI untuk sistemnya, karena kan itu milik pemprov juga. Petugas foto yang ada juga nanti kita minta buat mesin debet. Jadi di kawasan ini benar menjadi percontohan sistem non-cash," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1227 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1154 personTiyo Surya Sakti
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1128 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1084 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1060 personNurito